Sejarah Desa Waru Kawung

Sebenarnya bukan Cabuk tetapi Cisabuk, karena beliau semenjak pindah tempat dari pemukimannya, sabuknya beliau dtinggalkan yakni dekat sungai Cisabuk, adalah tempat pesiaran peribadatan. Tetapi beliau bukan mengembangkan ajaran Agama Islam saja, disamping itu pula beliau berwiraswasta membuat gula aren (enau) dari pohon kawung. Memang ditempat itu banyak pohon Kawung dan Waru yang tumbuh dengan suburnya, maka tepatlah perkampungan itu disebut Desa Waru Kawung.
Pohon Waru terkenal sekali dibutuhkan keperluan pertanian atau keperluan perumahan. Lulub Waru perlu sekali untuk pemijang, yakni tali pengikat gedengan padi, begitu pula penting sekali pada masa itu lulub/waru keperluannya untuk tali welit guna atap rumah atau saung - saung sawah ladang petani.
Sehari - hari beliau selalu menghadapi kesibukan kerja, waktu magrib, isya dan subuh acara peribadatan di bidang rohani Agama Islam, sedangkan siangnya kalau bukan menderes pohon enau, mengambil nira (lahang), tentunya mencetak gula aren.
Sawah ladang pun harus pula diurus sebaik mungkin, padinya, palawija, sayur mayurnya dan yang terkenal tanaman waluhnya. Begitulah beliau kerjakan dengan para santri dan murid pengikutnya.
Kemudian lama kelamaan setelah berhasil yang dicapai, cita - cita, tujuan pokoknya adalah penyebaran Agama Islam, beliau meneruskan perjalannya ke tempat lain, maka tugas pengamatan diserahkan kepada kepercayaannya ialah Kiai Murid yang kemudian turun temurun yang ada di Blok Benda.
Tapak tilas yang lain adalah di makam Sampir, disitulah ada pakaian untuk bekerja di sawah ladang yang disampirkan ditempat saungnya, yaitu di persawahan yang pada masa ini ada diwewengkon Desa Sindang Jawa Blok Sawah/Amba.
Sahdan pada zaman penjajahan Belanda tahun 1918 seorang Wedana di Plumbon yang terkenal disebut Wedana Blendang, sebab perutnya besar, ia ditugaskan untuk menggabung - gabungkan desa - desa yang dianggap terlalu sempit, maka terjadi Desa Waru Kawung yang dipimpin mendiang Kuwu Arpat dapat tergabung dengan Desa Royom yang dipimpin oleh mendiang Kuwu Arsa.
Dan kelanjutannya diadakan pilihan Kuwu, yang mendapat suara terbanyak ialah mendiang Kuwu Sutara. Ia adalah seorang Kuwu yang masih remaja lagi tampan, dan kebiasaan ia disebutnya Kuwu Cilik. Maka terjadilah dua desa gabungan tadi menjadi satu dengan diberi nama Desa Waru Royom.
Tetapi malang baginya baru setahun menjadi Kuwu, ia terkena kasus, sehingga atas keputusan sidang Pengadilan Negeri mendapat vonis hukum kurungan satu tahun lamanya. Lebih luas lagi sekedar catatan dari masa ke masa jabatan Kuwu sebagai gambaran terlampir ini. Sejak itu yang sangat menonjol sekali antara pemimpin dengan rakyat selalu perpecahan, karena politik devide et impera dari pihak kolonial Belanda sehingga lupa daratan kepada bangsanya, apalagi untuk membangun dan kemajuannya.
Setelah terbentuknya Desa Waru Royom dari mulai tahun 1918 pernah mengalami rupa - rupa perubahan zaman, zaman Belanda diwaktu normal dan pada tahun 1935 waktu Malaise (failit), pada tahun 1942 - 1945 zaman Dai Nippon Jepang yang pada umumnya rakyat mengalami rupa - rupa penderitaan, penyakit busung lapar, orang berpakaian karung goni, jenazah dibungkus dengan tikar, disana - sini ribut - ribut pakaian manusia dirubung kutu.
Mulai tanggal 17 Agustus 1945 baru ada titik - titik terang, setelah ada Proklamasi Kemerdekaan, meskipun banyak gangguan kekacauan, gerakan DI/TII yang terkenal pagar betis, gerakan PKI yang terkenal pengkikisan G 30 S-nya, Revolusi, aksi Polisionil Belanda dan lain - lain sebagainya. Tetapi bangsa yang telah merdeka lama kelamaan ada perubahan yang sangat menguntungkan khususnya bagi masa depan generasi muda. Akan tetapi mengingat Desa Waru Royom sampailah pada tahun 1985 perkembangan penduduk sangat menonjol, maka terjadilah pemekaran desa yaitu pada tanggal 1 Januari 1985 hari Jum'at Kliwon diumumkan oleh TRIPIDA Kecamatan Plumbon, maka Desa Waru Royom menjadi 2 desa.
Bagian Waru Royom yang utara, nama desa untuk kenang - kenangan ditetapkan menjadi Desa Waru Royom, mengingat pula bagi kenang - kenangan Desa Royom pernah menjadi desa yang tergabung. Sedangkan kepala Desa dilakukan oleh seorang pejabat ialah Sdr. Wartama. Adapun Waru Royom yang bagian selatan, untuk perubahan baru namanya menjadi Desa Waru Kawung, karena Desa Waru Kawung adalah desa ciptaan Ki Kuwu Cirebon yakni Mbah Sangkan, adalah seorang Waliyullah penyebar Agama Islam di Cirebon.
Letak geografisnya Waru Kawung sangat penting, di jaman revolusi fisik dianggap daerah konsolidasi (menegakkan kemerdekaan) oleh pejuang tentara RI, bahkan para pejuang pasukan Bede pernah markasnya di Blok Benda, sehingga Belanda acap mengadakan aksi penggerebegannya, tetapi mereka tak pernah berhasil karena berkat kekompakan rakyat dengan para pejuang.
Waru Kawung kaya sumber airnya, yang terbesar adalah Tuk Bual, Pernah DPD Tingkat II Cirebon ada rencana akan dibangun tempat rekreasi yakni pada tahun 1957, tapi gagal entah apa sebab - sebabnya, Sumur Jaran, Sumur Serut dan beberapa Pancuran Rita, Pancuran Gede, Pancuran Kroya, Pancuran Dasia walaupun kemarau panjang tak pernah kunjung kering.
Mata pencaharian penduduk tercatat, pertanian 60%, pertukangan 25%, dagang perantauan 10% sedangkan buruh tani hanya 5%, sungguh tenaga buruh kurang sekali, maka bila musimnya penggarapan sawah terpaksa tenaganya harus di drop dari luar desa umumnya dari desa Pekidulan (selatan).
Di sekitar perkampungan Desa Waru Kawung tanamannya subur, terutama durian yang mengandung banyak kalori, petai, nangka dan mangga, tetapi tanamannnya kemiri dan picung kini semakin langka. Sejak dulu tahun 1934 di Waru Kawung tanaman/buah - buahan serba ada, sehingga seorang petugas Lanbo Konsulen jaman kolonial, menganggap bahwa Waru Kawung adalah gemah ripah loh jinawi. Kegemaran para petani dulu adalah menanam padi loyor yang berasnya merah tetapi pulen, maka orang Waru Kawung tubuhnya tegap - tegap karena mengutamakan makanan yang mengandung banyak vitamin dan protein nabati dari daun lembayung.Kata Shohibul Hikayat jalan ini pernah jadi arena pertempuran antara pasukan Galuh lawan Cirebon, sebagai bukti bekas - bekasnya dianggap keramat oleh penduduk ialah kuburan Ki Penggung, kuburan Ki Sulun (Siulun) dan kelangsungannya di ceritakan alat peperangan di kubur. Kenyataannya banyak orang yang menemukan keris atau batu fosil seperti kampak disekitar makam Ki Penggung.
Jurusan batas ini dari mulai barat Blok Mantri menuju Kedemangan dan Ki Penggung, dapat dipastikan bahwa blok ini bekas tempat para Narapraja, yakni Mantri, Demang (Wedana) dan Tumenggung.
Nama - mama Kela Desa Waru Kawung yang diketahui :Nama - Nama Kuwu Desa Waru Kawung | |||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
NO | Nama | Keterangan | |||||||||||||
1 | Madam | Tahun 1865 - 1901 | |||||||||||||
2 | Rodja | Tahun 1901 (masa jabatan 9 bulan) | |||||||||||||
3 | Basi Sutaradjaja | Tahun 1901 - 1906 | |||||||||||||
4 | Budi Wangsa Didjaya | Tahun 1906 - 1913 | |||||||||||||
5 | Arpat Wangsa Didjaya | Tahun 1913 - 1918 | |||||||||||||
6 | Sutara | Tahun 1918 - 1919 | |||||||||||||
7 | Raji | Tahun 1919 - 1931 | |||||||||||||
8 | Suwela - Wiria Direja | Tahun 1931 - 1939 | |||||||||||||
9 | Sentana Atmaja | Tahun 1939 - 1950 | |||||||||||||
10 | Arpat Wansapraja | Tahun 1950 - 1956 | |||||||||||||
11 | Djunaedi | Tahun 1956 - 1967 | |||||||||||||
12 | Suparma | Tahun 1967 (1 minggu diberhentikan) | |||||||||||||
13 | Abu Bakar Sidik | Tahun 1967 - 1989 | |||||||||||||
14 | Sanipan | Tahun 1989 - 2001 | |||||||||||||
15 | Dirmawan | Tahun 2001 - 2011 | |||||||||||||
16 | Warta | Tahun 2012 - 2017 |
Post a Comment for "Sejarah Desa Waru Kawung"
Post a Comment